Kepala SDN Pecakur Pesimis Hadapi PSB

Kepala sekolah SDN Pecakur Kecamatan Pontang, Ce Unib Kepala sekolah SDN Pecakur Kecamatan Pontang, Ce Unib

detakbanten.com SERANG - Kepala sekolah SDN Pecakur Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang Ce Unib pesimis penerimaan siswa baru kali ini akan banyak murid yang mendaftar. Ia merasa, untuk mendapatkan siswa yang banyak di setiap tahun ajaran baru sangatlah sulit.

Menurutnya, kondisi yang kerap terjadi setiap tahun, dikarenakan mayoritas penduduk di wilayah Utara Kecamatan Pontang dan sekitarnya, banyak mengadu nasib di luar negeri menjadi TKW. Seperti ke Arab Saudi dll. Yang mana, hal tersebut merupakan salah satu bagian program KB yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Banten dalam menekan angka kelahiran.

Sehingga kondisi ini menjadi salah satu factor yang amat dirasakan pihak sekolah yang berdampak pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) selalu menurun. Seperti pada pengalaman tahun lalu, pihaknya sudah menargetkan perolehan murid baru sebanyak 30 anak namun hanya mendapatkan murid 16 anak saja

"Keinginan saya sih setiap tahunnya ada penambahan siswa. Namun, ya itu tadi. Faktor KB nya disini sudah berhasil, sehingga, menjadi kendala berkurangnya murid yang akan mendaftar," ungkapnya.

Tidak hanya itu, faktor lainnya yang mempengaruhi berkurangnya pendaftar baru di sekolahnya yakni minimnya sarana dan pra sarana yang lengkap. Seperti, jumlah ruang kelas, ruang kepala sekolah, perpustakaan dan WC yang layak. Faktor kurangnya jumlah tenaga pengajar PNS pun dianggapnya sebagai kendala masalah ini.

Saat ini, pihak sekolah baru memiliki guru PNS lima orang ditambah guru honor dua orang serta penjaga sekolah satu orang. Sehingga, kondisi ini tentu merepotkan kinerja pihak sekolah. Padahal, sebagai kepala sekolah ia ingin sekali terus mengalami peningkatan mutu pendidikan di sekolahnya..

"Ketersediaan sarana dan pra sarana yang cukup dan memadai, barangkali bisa memberikan solusi permasalahan ini. Semoga, pemerintah mengamini harapan kami tersebut," ucap Ce Unib.

« February 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28      
Go to top