RUMAH BELAJAR ANAK LANGIT

detakbanten.com CISADANE - Komunitas Anak Langit adalah Salah satu komunitas yang ada di Kota Tangerang, komunitas ini memiliki kepedulian terhadap berkelanjutan pendidikan bagi anak-anak yang secara Sosial dan Ekonomi tersingkirkan dari hiruk pikuk geliat Kota. Lokasi Anak Langit ini terletak di pinggiran sungai Cisadane, di Jl. Tanah Gotjap Tangerang. Rabu, (10/06/2015).

Pada saat masuk ke komunitas ini akan langsung disambut dengan ramah anak langit dan disuguhkan suasana yang asri. Dan Komunitas ini terbuka lebar untuk semua kalangan yang ingin mengetahui Komunitas Anak Langit. Di Komunitas ini dapat temui beberapa ruangan yang disediakan diantaranya ruang belajar, perpustakaan, musholla, saung-saung dan lainnya.

Komunitas anak langit dibentuk bersama oleh beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda.

Namun, mereka memiliki satu visi untuk membentuk komunitas, sebagai tempat untuk bermain dan belajar untuk anak-anak yang singgah di sini. Anak-anak bebas melakukan apa saja sesuai dengan apa yang mereka inginkan asal perilaku mereka tetap dijaga.

Mereka belajar mengenai sopan santun, agama, kemandirian dan beberapa pelajaran yang ada disekolah.

Anak-anak diajarkan pula berkreatifitas sesuai dengan imajinasi mereka. Oleh karena itu, mereka diharapkan menjadi pribadi yang terampil, cerdas, mandiri, kreatif dan berakhlak mulia.

Di Keluarga Anak Langit, anak-anak jalanan yang ditampung diajarkan berbagai macam ilmu, seperti pelajaran yang dipelajari disekolah-sekolah formal, bahkan mereka juga diajarkan keterampilan kerja seperti bertani, bercocok tanam, berternak, menyablon dan bahkan memperbaiki mesin.

Mereka yang ditampung disini, selalu diasah potensi, kreativitas, dan kemampuanya untuk lebih maju di masa depan kelak. Konsep yang dimiliki komunitas ini sangatlah sederhana, mereka dibebaskan untuk melakukan kegiatan belajar baik di dalam maupun di luar ruangan untuk meraih mimpi dan cita-cita yang mereka miliki.

Dalam komunitas ini memiliki sebuah tujuan yaitu menjadikan anjal (anak jalanan) sebagai anak Indonesia yang cerdas, kreatif, mandiri, dan berbudi mulia.

Sehingga tidak lagi sebagai "anjal" yang males-malesan yang hanya bertumpu pada rasa kasihan dari orang lain atau pengguna jalan, akan tetapi menjadikan masyarakat bangga pada mereka sebagai "anjal" yang memiliki prestasi.

Banyak sekali kegiatan yang diadakan di dalam komunitas ini untuk dapat mengasah kreativitas dan pemikiran anak jalanan untuk bisa meraih mimpinya. Berbagai macam hasil kesenian yang sudah mereka hasilkan dan hasil tersebut mereka jual.

Hasil kesenian yang mereka hasilkan berupa lukisan, kaos, dan ada juga pajangan robot yang mereka buat dari barang-barang bekas seperti galon, telepon bekas, dan barang bekas lainya dan mereka juga memiliki kesenian musik yang bagus yang dinamakan perkusi yang semua alat-alatnya berasal dari barang-barang bekas seperti drum bekas, galon bekas, dan lainnya.

Komunitas Keluarga Anak Langit ini membuktikan bahwa anak jalanan juga bisa berkarya, mereka telah menunjukkannya, tidak seperti pandangan sebagian besar masyarakat yang mungkin mengidentikkan anak jalanan dengan kriminalitas.

Komunitas Keluarga Anak Langit ini juga dapat menjadi suatu tempat positif bagi anak-anak jalanan agar mereka tidak terjerumus ke kehidupan yang akan merusak mereka ke depanya.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          
Go to top