Wisata Curug Putri, Kebanggaan Banten yang Melegenda

Detakbanten.com Jika berbicara soal Banten, tentu bukan hanya soal Serang ataupun Tangerang Raya saja. Karena Banten adalah sebuah provinsi yang otomatis cakupan wilayahnya luas. Karena luasnya cakupan wilayah ini, maka tidak heran jika kemudian Banten memiliki banyak objek wisata yang terkenal, beberapa diantaranya adalah Pantai Karang Bolong, Pantai Sawarna, Pantai Anyer, Pantai Carita dan banyak lagi lainnya.

 

Dan bukan hanya pantai saja, Banten juga memiliki objek wisata air terjun. Dan salah satunya yang cukup populer adalah Curug Putri, yang banyak wisatawan menyebutnya juga sebagai green canyon mini ala Banten.

Tentang Curug Putri
Penampakan curug atau air terjun yang biasanya ada adalah tebing yang tinggi yang menjadi landasan terjunan air untuk kemudian air tersebut akan jatuh ke kolam. Memang Curug Putri juga menyajikan pemandangan ini, tetapi justru yang menjadi daya pikatnya adalah sungai yang ada di bawahnya, dimana sungai ini mengalir dengan dihimpit oleh tebing batu yang tinggi dan berkelok-kelok.

Konon kabarnya inilah yang membuat si cantik dari banten ini disebut sebagai The Little Dreen Canyon-nya Banten. Curug Putri sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter saja. Namun, jika Anda berada di sini, maka sensasi damai dan alami akan sangat berasa.

Lokasi Curug Putri
Air terjun yang indah ini terletak di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten. Curug Putri adalah objek wisata yang berada di ketinggian yakni sekitar 1.300 mdpl, sehingga untuk bisa mencapainya, Anda perlu melakukan sedikit pendakian. Dan tidak jauh dari Curug Putri ini ada sebuah kawah yang namanya adalah Kawah Pulosari, dan ada juga objek wisata sumber air panas di dekat sini.

Akses atau Rute Menuju ke Curug Putri
Ada dua akses atau rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke Curug Putri jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta, yakni sebagai berikut:
a. Dari Jakarta silahkan menuju ke Tangerang, lalu pergi ke Serang, kemudian menuju ke Cilegon lalu ke Anyer dan terakhir adalah ke Carita
b. Dari Jakarta, silahkan langsung arahkan kendaraan ke Tangerang, kemudian menuju ke Serang, langsung ke Pandeglang dan terakhir adalah ke Carita.

Nah, itulah dua rute yang bisa Anda pilih salah satunya untuk menuju ke Curug Putri. Setelah Anda sampai di Carita ini, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar mengenai jalanan menuju ke Curug Putri.

Setelah Anda berhasil mencapai pintu gerbang yang sekaligus menjadi lokasi tempat parkir kendaraan, di sini Anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp15.000. Selanjutnya Anda harus melakukan tracking sekitar 30 lamanya dengan menyusuri jalur pendakian yang vertikal hingga sampai di Curug Gendang.

Nah, dari sini, Anda harus melakukan pendakian sekitar 10 menit lagi namun jalanannya sudah mulai landai hingga Anda mencapai pos guide, lalu Anda akan menyusuri medan air kira-kira selama 5 menit dengan menggunakan pelampung karena medan air ini dalamnya mencapai 2 meter. Dan Anda pun akan tiba di Curug Putri.

 

« December 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31            
Go to top