Panwaslu Minta Pemkab Segera Tugaskan PNS untuk Kesekretariatan

Suasana audiensi Panwaslu dengan Wakil Bupati Lebak Suasana audiensi Panwaslu dengan Wakil Bupati Lebak Bien

detakbanten.com LEBAK -  Menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak tahun 2018, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kabupaten setempat akan melakukan rekruitmen Panwaslu Tingkat Kecamatan.

Rekruitmen tersebut rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan ini, namun masih terkendala oleh tenaga kesekretariatan yang sampai saat ini belum terbentuk. Hal tersebut disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak, Ade Jurkoni saat audiensi dengan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di ruang kerjanya pada Rabu, (13/9/2017). "Sampai saat ini kita masih menunggu tenaga PNS dari Pemkab Lebak, karena untuk kelancaran kegiatan kami, mengingat tahapan pilkada akan segera dimulai," ujarnya.

Ade juga mengatakan, persiapan rekruiment Panwascam tersebut sudah harus secepatnya, pasalnya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Banten telah menginstruksikan kepada Panwaslu Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk segera melakukan rekrutmen Panwascam sesuai dengan surat Nomor 166/K/BT/HM.03.02/IX/2017 tanggal 11 September 2017 perihal Instruksi Pembentukan Panwaslu Kecamatan yang ditujukan terhadap Panwaslu Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada serentak Tahun 2018, yang diantaranya yaitu Panwaslu Kabupaten Lebak, Panwaslu Kota Serang, Panwaslu Kota Tangerang dan Panwaslu Kabupaten Tangerang.

Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Banten Didi Hadiatna, yang turut hadir dalam audiensi tersebut, meminta kepala daerah segera menugaskan PNS di Panwaslu Kabupaten Lebak, untuk menjadi kepala sekretariat dan bendahara yang nantinya membantu tugas-tugas administrasi Panwaslu.

Sementara terkait dana hibah, Didi mengatakan bahwa jumlah yang dianggarkan oleh Pemkab Lebak sebesar Rp10 miliar untuk Panwaslu Kabupaten Lebak dinilai sudah cukup. "Kami minta agar Kepala Daerah Kabupaten Lebak segera menugaskan PNS yang tidak merangkap, sehingga dapat melaksanakan dukungan administratif terhadap panwaslu sepenuhnya," kata Didi.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan bahwa Pemkab mendukung program-program pengawasan, untuk itu dirinya akan segera berkonsultasi dengan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya agar segera menugaskan tenaga sekretariat yang dimaksud.

"Kami mendukung Panwaslu untuk menciptakan pilkada yang berkualitas, pelaksanaan yang tertib dan efisien baik pemanfaatan SDM, logistik, serta akuntabilitas pertanggung jawabannya." tandas Wabup. 

 

 

Go to top