Seleksi Capaska Lebak Tahap 1 Resmi Di Gelar

detakbanten.com LEBAK - Sebanyak 300 siswa dari 79 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, antusias mengikuti seleksi tahap 1 calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2020.
 
Mereka akan bertugas pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-75 tingkat Kabupaten Lebak mendatang, dari seluruh peserta seleksi, hanya akan dipilih sebanyak 120 orang yang nantinya akan dipilih untuk tahapan seleksi selanjutnya.
 
Seleksi calon anggota Paskibraka tersebut dilaksanakan di Gelanggang Generasi Muda (GGM Ona), Rangkasbitung Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Dari 120 orang yang terpilih nanti, akan di seleksi kembali dikegiatan Pusat Pendidikan Latihan Dasar (PUSDIKLATSAR) yang nantinya akan dipilih sebanyak 64 siswa, 10 orang akan dikirim untuk mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka tingkat Provinsi Banten dan 54 orang lainnya akan ditugaskan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Minggu (23/02/20).
 
Seleksi calon anggota Paskibraka yang akan berlangsung selama satu hari tersebut, seluruh peserta menghadapi tahapan seleksi yang sangat ketat, diantaranya harus memenuhi syarat Tinggi dan berat badan, Kesehatan, Tes Fisik dan yang tidak kalah pentingnya adalah harus menguasai Gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB).
 
Tim Seleksi Paskibraka ini melibatkan unsur TNI, Polri, Tim Kesehatan, serta anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Lebak, yang menilai para peserta tersebut layak atau tidak untuk menjadi calon anggota Paskibraka. 
 
Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (KADISPORA) Kabupaten Lebak, Asep Komar mengatakan, seleksi dilakukan sangat ketat dan objektif, tidak ada yang namanya titipan ataupun sebagainya, jika layak dan memenuhi syarat peserta dapat lolos, begitupun sebaliknya.
 
"Setelah seleksi, tahapan selanjutnya yang akan dilakukan adalah kegiatan Pusat Pendidikan Latihan Dasar (PUSDIKLATSAR), bagi para peserta yang dinyatakan lolos seleksi, Pusdiklatsar tersebut akan di laksanakan pada bulan  berikutnya, dalam Pusdiklatsar tersebut, para anggota calon Paskibraka wajib mengikuti seluruh pelatihan dari para instruktur yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan PPI,” ujar Asep.
 
Sementara itu, Ketua PPI Lebak Isro Jazuli menuturkan, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi untuk lolos seleksi, antara lain lulus Tes Fisik, lalu Tes Kesehatan Jasmani dan Rohani yang meliputi kesehatan mata dan telinga (tidak memakai alat bantu dan tidak buta warna), tidak varises, kaki tidak berbentuk O atau X, tidak pernah mengalami patah tulang, dan tinggi badan minimal 170 untuk pria dan 165 untuk wanita. (Gel)
 
« April 2020 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top