FKPAL Gelar Camping Ceria Bagi Pecinta Alam

detakbanten.com LEBAK - Forum Komunikasi Pencinta Alam Lebak (FKPAL) Banten mengadakan Camping Ceria (CAMCER) di Bumi Perkemahan Bukit Cikujang, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten.

Dede Sopian selaku Ketua Pelaksana Cancer mengatakan kepada detakbanten.com, acara Camcer yang dilaksanakan dua hari tersebut, yakni pada tanggal 23 sampai 24 Maret 2019 tersebut mengambil tema 'Together for Adventure'.

Acara tersebut dihadiri 150 orang peserta yang berasal dari berbagai komunitas pecinta alam yang ada di Kabupaten Lebak, Serang serta Pandeglang, Komunitas Pencinta Alam tersebut diantaranya adalah HASAP, RIMBUN, LAC, KOMPAK, JSA, GASRUK, KALONG KIDUL, SAVANA, KPGIR Pandeglang, KPGIR Serang, KBPGB, Cibadak Adventure, KOPAPALA, GEOSPAL, DTRACK, KOMPAC Cikolelet, KOALA Muncang, March Arunika, Sispala Peonikas, Palapa, Pendaki Amatir, Idjo Adventure, Sispala Regent 4, Palpala Caldera, Tenda Biru adventure dan Cadas.

"Kegiatan Camcer tersebut diisi dengan Deklarasi FKPAL, Pengenalan organisasi dan pengurus FKPAL, Sharing informasi dan diskusi terkait dunia Adventure (antara lain terkait Pendakian Gunung, Panjat Tebing, Arung Jeram), Hiburan dan kreatifitas peserta, Fun Game dan pembagian Door Prize, olahraga Bersama serta Explore Curug Maung," ujar Dede.

Sementara itu, Dedi Hidayat selaku Ketua Umum FKPAL dalam sambutannya menjelaskan, tujuan utama kegiatan CAMCER ini adalah sebagai ajang Silaturahmi dan membangun keakraban para Komunitas Pencinta Alam di Kabupaten Lebak pada khususnya dan Banten pada umumnya.

"Disamping itu untuk semakin mempopulerkan Bumi Perkemahan Cikujang dan Curug Maung yang merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Kabupaten Lebak. Hal ini sebagai perwujudan misi FKPAL untuk turut serta berkontribusi dan berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Lebak khususnya disektor Ekowisata dan dunia Adventure," kata Dedi.

Hal senada dilontarkan Farid Surawan yang mewakili Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, dirinya mengapresiasi FKPAL yang mempunyai inisiatif untuk menyatukan potensi SDM berbagai komunitas pencinta alam di Lebak.

Pasalnya, acara CAMCER yang dihadiri berbagai komunitas pencinta alam dan dilaksanakan di objek wisata alam di Lebak, akan sangat bermanfaat untuk lebih mempopulerkan pariwisata lebak, hal ini sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Lebak 2019 -2024 untuk menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

Peserta yang hadir pada acara CAMCER terdiri dari pria dan wanita dengan berbagai latar belakang dan profesi, namun nampak pula peserta yang hadir Bersama keluarga dan anak-anaknya, yang membuat suasana CAMCER menjadi lebih hangat dan menarik, selain itu para peserta juga sangat antusias pada saat sesi explore Curug Maung, yang berlokasi sekitar 45 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi Bumi Perkemahan Cikujang, selain akses jalan yang turun naik dan licin disertai guyuran hujan dan harus menyeberangi sungai, hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta untuk berada lebih dekat dengan keindahan alam ciptaan Sang Maha Kuasa.

“Kegiatan CAMCER ini bukan kegiatan yang pertama dan terakhir, lantaran FKPAL akan terus berkreatifitas dan menyelenggarakan kegiatan yang menarik, baik bersifat edukasi terkait dunia adventure dan lingkungan hidup dan pariwisata maupun kegiatan kealaman seperti Camping Ceria, Explore Curug, Pendakian Gunung, Arung Jeram, Susur Gua dan Panjat Tebing,” tutur Iyef Syahdudin selaku Kepala Bagian Kealaman FKPAL.

« November 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
Go to top