Durian Lokal Banjiri Kota Rangkasbitung

Durian Lokal Banjiri Kota Rangkasbitung

detakbanten.com LEBAK  - Setiap menginjak awal tahun, seputaran Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, dibanjiri ribuan durian lokal, seperti halnya di sepanjang jalan Gang Kibun, Jalan Pahlawan, Jalan Multatuli dan juga seputar Pasar Rangkasbitung dipenuhi durian yang berasal dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Lebak.

Buah Durian yang lebih sering di juluki Raja Buah tersebut, berasal dari beberapa wilayah Kecamatan penghasil buah tersebut, seperti halnya daerah Kampung Ciboleger, Wilayah Baduy, yang ada di wilayah Kecamatan Leuwidamar, selain itu juga masih ada dari Kecamatan Muncang, Kecamatan Sobang, Kecamatan Cipanas, Kecamatan Lebakgedong dan juga Kecamatan Gunungkencana.

Seperti halnya Ade, salah seorang pedagang Durian yang berjualan di gang kibun ketika ditemui detakbanten.com dirinya mengatakan, menginjak pada bulan Januari 2019 ini, seluruh wilayah penghasil duren yang ada di Kabupaten Lebak mulai membanjiri wilayah Kota Rangkasbitung, untuk itu hal ini dapat memuaskan kebutuhan para penikmat buah durian yang ada di kota Rangkasbitung ataupun para pengunjung yang sengaja datang ke Rangkasbitung.

"Masalahnya ketika durian lokal sudah membludak otomatis hal ini dapat meningkatkan pendapatan bagi para pedagang yang biasa berjualan di wilayah gang kibun ini, selain harganya murah, rasa dan kualitas durian lokal ini sangat baik dan manis," ujar Ade.

Sementara itu Rizki salah seorang penggila durian asal Kabupaten Tangerang, sengaja berbelanja durian lokal asli Lebak ini, bahkan dirinya turun ke kampung-kampung guna berbelanja langsung kepada warga yang sedang berpanen durian dikebunnya.

"Harga yang ditawarkan sangat murah, mulai dari Rp. 15 ribu hingga Rp. 50 ribu, bahkan kualitas duriannya sangat memuaskan sekali, ini juga saya membawa beberapa puluh biji untuk oleh-oleh keluarga di Tangerang," ungkap Rizki.

Hal senada dilontarkan Ajat Sudrajat, salah seorang warga BTN Depag yang maniak akan durian menuturkan, panen durian lokal adalah laksana surga bagi para penggila buah yang satu ini.

"Hampir seminggu tiga kali Saya bersama Keluarga mengunjungi pusat durian yang ada di Rangkasbitung, semua ini semata-mata demi memenuhi hasrat akan kegilaan Saya dan keluarga terhadap durian, pasalnya musim buah durian ini hanya pada bulan-bulan tertentu saja, selain itu buah durian asli Lebak ini lebih mantap dibandingkan dengan buah durian dari sebagian wilayah pulau Sumatera yang masuk ke Rangkasbitung," tutur Ajat.

 

 

Go to top