Print this page

Selain Pembangunan Fisik, TMMD Gelar Sosialisai Bumdes

Selain Pembangunan Fisik, TMMD Gelar Sosialisai Bumdes

Detakbanten.com LEBAK - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0603/Lebak selain melakukan kegiatan fisik pembangunan jalan sepanjang 5,4 kilometer, juga melakukan sosialisasi tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 50 warga yang selenggarakan di kantor Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak.

Materi tentang BUMDes disampaikan oleh Bapak Nuryatna Permana dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), selain tentang BUMDes, dalam TMMD juga dilangsungkan sosilaisasi dan penyuluhan tentang Pemberdayaan UKM oleh Drs. Oman Irawan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lebak serta pelayanan dokumen dan data Catatan sipil yaitu perekaman e-KTP dari Disduk Catpil oleh Moch. Ilyas S.Sos.

Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Syafa’ Susanto mengatakan, kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan salah satu program kegiatan non fisik dalam rangkaian TMMD.

“Potensi di Desa Cimanyangray begitu banyak untuk dikembangkan dalam kewirausahaan di masyarakat, itu adalah aset yang mampu menggerakan pembangunan desa melalui BUMDes yang ada disini,” ujar Dandim.

Menurutnya, dalam TMMD ini tidak hanya kegiatan fisik seperti membangun jalan, tetapi juga ada kegiatan non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi.

“Untuk memajukan sebuah desa itu tidak hanya melalui pembangunan fisik semata, tapi juga melalui pembangunan manusianya, dengan begitu akan merubah pola pikir masyarakat, sehingga dapat mempercepat kemajuan di desanya,” ujarnya.

Untuk kegiatan pembangunan fisik, kata Letkol Arh Syafa’ Susanto, memasuki H+14 pada kegiatan TMMD yaitu melanjutkan pengerasan jalan dengan batu belah. Untuk sasaran tambahan rehab 3 unit RTLH, rehab Mushola sudah 100 persen, dan melanjutkan rehab Mesjid Nurul Huda  yaitu pembuatan Turap  pagar dan rehab MCK.

“Sedangkan untuk kegiatan non fisik hari ini kita mengadakan penyuluhan dari BUMDes, Koperasi dan UKM serat dari Kantor Disduk Catpil Kabupaten Lebak,” ujarnya.

“Alhamdulilah semua berjalan lancar, berkat bantuan masyarakat, TNI, Polres, serta dari Pemerintah Daerah Lebak. Progres keseluruhan kegiatan TMMD Kodim 0603 Lebak sudah mencapai 79 persen,” tandasnya.