Banjir Rendam Tiga Kecamatan di Lebak

Banjir di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak. Banjir di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak. Bogel

Detakbanten.com LEBAK – Intensitas hujan tingga selama dua hari di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten menyebabkan banjir di Kecamatan Banjarsari, Gunungkencana dan Cijaku.

Camat Banjarsari Abdul Rochim mengatakan, intensitas hujan yang terjadi sejak Minggu, (21/1/2018) menyebabkan puluhan rumah warga dua pesantren terendam banjir dengan ketinggian 50 cm hingga satu meter. “Banjir dengan ketingian air mencapai 50 centimeter terjadi di Kampung Ciateul, Desa Cidahu dan merendam Pondok Pesantren Al – Ikhsan,” kata Abdul Rochim.

Lanjut Abdul Rochim, selain luapan sungai Ciateul di Desa Cidahu, luapan sungai juga terjadi pada Sungai Cinapen di Desa Umbul Jaya dan Sungai Ciliman di Desa Tamansari, Kecamatan Banjarsari. “Banjir terparah akibat luapan sungai Cinapen, katinggian air mencapai satu meter dan merendam 21 rumah warga dari 37 Kepala Keluarga di dua Kampung di Desa Umbul Jaya dan satu Ponpes Al-Ikhsan di Desa Cidahu,” terangnya.

Menurutnya, saat ini banjir terus meluas ke Desa Gunungsari, Desa Lebak dan Keusik. Pihaknya mengimbau kepada warga yang berada di sepanjang aliran Sungai Ciliman dan Cilember untuk tetap waspada karena curah hujan masih tinggi.

“Saya minta, warga yang bertempat tinggal di sepanjag aliran sungai agar tetap waspada dan segera melaporkan kepada pihak Pemerintah Desa, Relawan Tagana dan TNI, serta Kepolisian apabila luapan air di sungai terus meninggi,” harapnya.

Ditempat terpisah Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, banjir selain di Kecamatan Banjirsari juga terjadi di dua wilayah Kecamatan lain, yakni di Kecamatan Gunungkencana satu Desa dan di Kecamatan Cijaku satu desa. Selain banjir lanjut Kaprawi, bencana tanah longsor juga terjadi di wilayah kecamatan Lebak Gedong. “Saat ini para relawan BPBD dibantu relawan Tagana juga TNI dan Polri sudah berada di lokasi bencana banjir dan longsor,” kata Kaprawi

 

« June 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Go to top