Ratusan Warga Guradog Garap Sawah Adat

Detakbanten.com Lebak - Ratusan warga beramai-ramai menggarap Sawah adat seluas 1 hektar, di areal pesawahan Desa Guradog, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (25/11/2017).

Menurut Sukarma selaku Kepala Desa Guradog mengatakan kepada detakbanten.com, Kegiatan ini hanya dilakukan setahun sekali saja, pasalnya warga adat wajib untuk mengolah lahan pesawahan milik adat kasepuhan, mulai dari mencangkul, menanam hingga panen.

Lanjut Sukarma, semua masyarakat adat Guradog, baru selesai mencangkul sawah adat, setelah diperintah oleh pemangku adat dan di pimpin oleh para kasepuhan dan kepala desa, kegiatan ini tak kurang dari 300 orang yang bekerja bergotong-royong dengan penuh semangat.

Baca Juga : Polda Banten Serahkan Kendaraan Curian ke Pemiliknya

"sudah menjadi kebiasaan di Desa ini, apabila telah selesai mengolah sawah adat, barulah mengerjakan lahan garapan masing-masing, selanjutnya penanaman padi dilakukan oleh kaum hawa yang ada di Desa ini," ujar Sukarma.

Sambungnya, hasil panen dari sawah adat, disimpan di lumbung adat dan dipergunakan untuk kegiatan bersama, seperti seren taun atau serah tahun sebagai rasa syukuran atas hasil bumi.

"kekompakan, kebersamaan dan semangat gotong royong masyarakat adat di Desa ini masih terjaga, kegiatan apapun yang menyangkut kepentingan bersama, tinggal diumumkan di pengeras suara Mesjid, secara otomatis warga pasti segera berdatangan dengan sigap, semoga tradisi ini akan terus terjaga, secara turun temurun," harapnya. (Gel)

Baca Juga : Perkembangan Investasi di Kota Tangerang Selatan

 

« September 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            
Go to top