KCD Ganden GTI Ngarung Ciliwung

detakkomunitas – KALIMULYA, Komunitas Ciliwung Depok (KCD) gandeng GreenTeacher Indonesia (GTI) dalam acara ngarung bersih aliran Sungai Ciliwung, Sabtu (1/3).

Dalam acara ngarung bersih aliran Sungai Ciliwung ini, KCD dibantu GTI melakukan kegiatan Piket Ciliwung, kegiatan yang menjadi agenda resmi KCD. Piket Ciliwung merupakan kegiatan susur bersih aliran Sungai Ciliwung, kegiatan dilakukan dengan rafting yang dibarengi dengan menjaring sampah yang tergenang di aliran sungai ini.

Tidak hanya Piket Ciliwung, KCD juga mengajak GTI untuk melakukan pemantauan kadar kesehatan dan kualitas air di Sungai Ciliwung yang dikenal dengan biotilik.

Biotilik atau biomonitoring sendiri adalah metode pemantauan kesehatan sungai dengan menggunakan indikator makro
invertebrata (hewan tidak bertulang belakang) seperti Bentos, Capung, Udang, Siput, dan Cacing. Hasil pemantauan biotilik dapat memberikan petunjuk adanya gangguan lingkungan pada ekosistem sungai. Sehingga dapat dirumuskan upaya penanggulangan yang dibutuhkan.

Kketua KCD Taufik mengatakan, kegiatan Piket Ciliwung dan biotilik merupakan agenda kegiatan Komunitas Ciliwung Depok. Sebelumnya beberapa kali KCD sudah menggandeng beberapa aktivis dan organisasi lingkungan hidup sebagai wujud nyata menjaga kebersihan Sungai Ciliwung.

"Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk menjaga silaturahmi sesama pecinta alam," pungkas Taufik. (ham)

« August 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31  
Go to top