Tabrak Dermaga, KMP Kertanagera Gagal Sandar

detakserang.com - CILEGON, Kapal Motor Penumpang (KMP) SMZ Kertanegara kembali gagal sandar di Dermaga 2 Pelabuhan Merak. Pasalnya Kegagalan sandar di Dermaga ini yang terjadi pukul 17.00 wib sore hari ini, berlanjut hingga kapal melaju tak terkendali hingga menabrak Fender 10 di Dermaga 3 Pelabuhan.

Hal ini disampaikan oleh Vidi, Salah seorang Petugas Pos Basarnas Merak yang berada di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon (10/4).
" Ada suara keras, saya kira apa, tau nya kapal nabrak pinggir dermaga, kira-kira terjadi jam 17.10 wib sore hari" Tuturnya.
Vidi menjelaskan bahwa saat mendengar bunyi tabrakan yang tergolong keras itu, Pihaknya langsung bergerak kelokasi untuk memastikan kejadian yang terjadi.
" Saya di Basarnas tidak dalam giat evakuasi, cuman melihat kejadian, saya lihat bodi depan sudah nabrak dolpin nomor 10 di dermaga 3" Tandasnya.
Sementara itu, Nana Sutisna, Manajer Usaha Pelabuhan PT. ASDP Ferry Cabang Merak yang dikonfirmasi langsung melalui telepon membenarkan kejadian tersebut.
" Memang benar ada kejadian itu, sekarang kita lagi usahakan untuk sandarkan kapal" Tuturnya.
Nana menjelaskan bahwa pihaknya menduga terjadi mati mesin pada alat kemudi saat kapal berusaha menyandarkan kapal di Dermaga Dua.
" Jadwalnya memang sandar di Dermaga 2, dugaan kami ada kegagalan mati mesin pada alat kemudi, tapi kami belum tahu pastinya" Tandasnya.
Nana mengatakan saat ini pihaknya tengah mencoba untuk menyandarkan kapal dengan mendatangkan kapal tugboat. Saat ditanya mengenai manifest penumpang yang berada diatas kapal, pihaknya belum mendapat data sepenuhnya lantaran sedang melakukan upaya evakuasi.
" Kami lagi panggil tugboat untuk bantu penyandaran kapal Kertanegera, sebentar ya mas, lagi buru-buru mau evakuasi sandar dulu" Terangnya.
Sementara itu, Endi Prasetio, Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Merak juga membenarkan hal tersebut.
" Memang benar, ada insiden KMP SMZ Kertanegara menabrak fender di Dermaga 3," Tuturnya.
Endi mengatakan bahwa saat ini kemungkinan tengah melakukan proses evakuasi sandar. Kemudian, untuk mengetahui Penyebab insiden, Pihak terkait akan melakukan pemeriksaan atas sejumlah Nakoda Kapal dan awak kapal.
" Saya tidak bisa memastikan penyebabnya, yang pasti Marine Inspector akan memeriksa nakoda apakah ada kesalahan prosedur dari Nakoda atau masalah teknis kegagalan kapal sendiri, nanti yang berkepentingan yang memeriksa" Pungkasnya.

« August 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31    
Go to top