Tahap Awal Revitalisasi Banten Lama Ditarget Selesai November

Detakbanten.com SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau proyek revitalisasi Kawasan Banten Lama Rabu (18/7) siang. Didampingi Asda II Ino S Rawita, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Banten M Yanuar, Wakil Walikota Serang Sulhi, dan Ketua Kenadziran Banten Lama Abbas Waseh.

Andika mendapat penjelasan dari perwakilan kontraktor jika bakal plaza itu akan dilengkapi dengan payung ala Mesjid Nabawi di Madinah. “Tapi jangan Cuma dua (unit), saya minta minimal 6 unit payung madinahnya untuk plaza seluas ini. Kalau dua ya sama saja bohong,” katanya.

Andika meminta kepada kontraktor agar memasang toilet jongkok dengan jumlah yang lebih banyak dibanding dengan toilet duduk. Menurut andika, peziarah ke Banten Lama dari Nusantara kebanyakan masih punya tradisi yang tradisional dalam kebutuhan membuang hajat tersebut, yakni lebih senang menggunakan toilet jongkok dibanding toilet duduk. “Jangan sampai nanti sudah mahal-mahal malah pada gak kepakai. Tapi toilet duduk juga tetap harus ada,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Andika juga untuk meninjau kondisi Terminal Sukadiri di mana di kawasan terminal bagi kendaraan peziarah tersebut tengah didirikan ratusan unit kios untuk menampung PKL yang direlokasi dari kawasan akses masuk Banten Lama.

Selain itu, Andika memantau kanal yang tengah dinormalisasi yang posisinya terletak di sayap kanan kawasan Banten Lama. Di sana Andika mendapat penjelasan dari pihak Dinas Bina Marga dan Tata Ruang yang mengerjakan pekerjaan di bagian tersebut, bahwa panjang total kanal yang akan direvitalisasi adalah sepanjang 4 km. “Tahap awal ini sedang dikerjakan 300 meter dulu. Nanti kalau sudah normal semua air mengalir dari laut, kanal ini bisa berfungsi lagi seperti dulu,” kata Andika.

Andika mengatakan, pekerjaan tahap awal dalam revitalisasi Banten Lama tersebut ditargetkan akan selesai November tahun ini. Menurutnya, Gubernur Wahidin menargetkan Banten Lama yang sudah direvitalisasi tahap pertama itu akan bisa digunakan dalam upacara HUT Banten tahun ini. “Jadi jangan ragukan, jangan sanksikan kerja-kerja Pemprov Banten dalam tekadnya mengejar target pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar lainnya," tandasnya.

« December 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31          
Go to top